sistem kompetisi

Laporan

Sistem Pertandingan NBA dan IBL

Untuk melengkapi tugas mata kuliah bola basket

Oleh Bapak Saichuddin M.Kes

Oleh: M. Lutfi Maulana

(107711407029)

FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

JURUSAN PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

SEPTEMBER 2009

PERKEMBANGAN SISTEM PERTANDINGAN

Sistem pertandingan NBA

National Basketball Association atau dikenal dengan singkatan NBA adalah liga bola basket pria di Amerika Serikat dan merupakan liga basket paling bergengsi di dunia.NBA didirikan di New York City pada 6 Juni 1946 dengan nama Basketball Association of America (BAA).Pada saat ini, di kompetisi NBA terdapat 30 klub yang masing-masing berpusat di satu kota, kecuali Los Angeles yang mempunyai dua tim, yaitu Los Angeles Lakers daNLos Angeles Clippers.

NBA mengadakan kompetisi setiap tahunnya dengan sistem Season dan Playoffs, pada sistem Season setiap klub bertanding 82 kali melawan klub-klub lain dan 16 klub (8 dari wilayah timur dan 8 dari wilayah barat) yang mempunyai rekor terbaik berhak untuk lanjut ke babak Playoffs. Dalam babak Playoffs, 8 tim dari setiap wilayah akan diadu dengan format, tim ke-1 (yang terbaik di wilayah) melawan tim ke-8 (urutan 8 di wilayah, tim ke-2 melawan tim ke-7, tim ke-3 melawan tim ke-6 dan tim ke-5 melawan tim ke-4). Tim dengan rekor menang-kalah lebih baik di Season akan diberikan keuntungan bermain menjadi tuan rumah lebih banyak di babak Playoffs.Pada Playoffs sistem yang digunakan pada babak pertama adalah “best-of-five”(siapa yang menang 3x duluan dari total 5 pertandingan), dan babak selanjutnya sampai Final adalah “best-of-seven” (siapa yang menang 4x duluan dari total 7 pertandingan).

NBA mengenal sistem Salary Cap, yaitu sistem dimana maksimal biaya yang dipakai sebuah tim NBA untuk satu pemainnya. Salary Cap ini cenderung naik tiap tahun hingga pada akhir musim 2008/09. Contohnya, musim 2006/07, salary cap-nya adalah 53,135 juta dolar AS, dan musim 2007/08 mencapai 55,63 juta dolar AS dan pada musim 2008/09, salary cap-nya ditetapkan pada angka 58,68 juta dolar AS. Namun pada musim 2009/10, salary cap kali ini turun menjadi 57,7 juta dolas AS karena krisis ekonomi 2008,NBA juga mempunyai peraturan berpakaian ketika datang bermain NBA dan pulang dari pertandingan NBA. Peraturan ini dinamakan NBA Dress Code.Saat ini dikenal ada 4 “dinasti” yang pernah berjaya di pentas NBA karena sukses mendominasi dalam musim-musim tersebut. Keempat tim itu antara lain Boston Celtics(1957-1968), Chicago Bulls(1990-1998), LA Lakers(1980-1988), dan San Antonio Spurs(1999-sekarang).Kota Toronto adalah satu-satunya kota di luar negara Amerika Serikat yang secara reguler menyelengarakan pertandingan NBA, dikarenakan tim Toronto Raptors bermarkas di kota itu. Toronto Raptors juga merupakan tim NBA satu-satunya yang berasal dari luar Amerika Serika

National Basketball Association adalah salah satu dari empat besar liga olahraga profesional di AS, dengan 30 tim yang mewakili 28 pasar AS dan satu di Kanada. NBA mengawasi aturan permainan dan memimpin, pasar dengan tim dan pemain, dan mengatur kepemilikan waralaba.

Sistem pertandingan IBL indonesia

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia disingkat ‘Perbasi’ merupakan organisasi pengatur olahraga bola basket di Indonesia.Sejarah Perbasi dimulai pada tahun 1951, di mana Tony Wen dan Wim Latumeten diminta oleh Maladi yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk menyusun organisasi olahraga bola basket Indonesia. Atas prakarsa kedua tokoh ini, pada tanggal 23 Oktober 1951 dibentuklah organisasi bola basket Indonesia dengan nama Persatuan Basketball Seluruh Indonesia disingkat Perbasi. Tony Wen menduduki jabatan ketua serta Wim Latumeten sebagai sekretaris. Tahun 1955 namanya diubah dan disesuaikan dengan perbendaharaan bahasa Indonesia, menjadi Persatuan Bola Basket Se indonesia

Kompetisi Liga Basket Indonesia (IBL) musim 2006 mulai menerapkan sistem play off untuk menentukan empat tim terbaik yang akan lolos ke babak empat besar atau semifinal. babak play off akan digelar setelah 10 tim menyelesaikan sekitar 90 pertandingan pada babak reguler yang dilaksanakan mulai awal April lalu. Tim yang akan mengikuti play off adalah peringkat satu hingga delapan. Mereka akan memainkan pertandingan dengan sistem best of three, Aturan play off yang ditetapkan IBL adalah tim yang berada di peringkat teratas akan bertemu tim di posisi juru kunci, peringkat kedua menghadapi posisi ketujuh, peringkat tiga dengan posisi keenam dan peringkat empat bertarung dengan posisi kelima.

Empat tim yang lolos dari babak play off, berhak lolos ke final four atau semifinal. Jadi bisa dipastikan kalau kompetisi musim jauh lebih ketat dari musim sebelumnya, Pertarungan final IBL musim 2006 dengan menggunakan sistem best of three dan home and away, frekwensi pertandingan IBL musim ini juga lebih banyak dibanding musim 2005. Total pertandingan mulai babak reguler hingga final mencapai sekitar 120 laga. Format pertandingan kandang-tandang (home and away) akhirnya akan diterapkan pada penyelenggaraan babak “final four” Indonesian Basketball League (IBL) 2009, namun pada babak empat besar pertama di Britama Arena Sportmall Kelapa Gading, Jakarta utara. Ada sedikit perubahan yang baru terhadap peraturan IBL yaitu “Perubahan peraturan ini akan menjadikan kompetisi IBL lebih baik lagi. Dengan  menambahkan dua peraturan baru yaitu jumlah pemain dalam satu klub dibatasi hanya 15 pemain dan usia minimal seorang pemain untuk mengikuti kompetisi tersebut harus berusia 18 tahun, Untuk peraturan membatasi usia, dia menjelaskan, agar pemain yang nantinya berlaga di kompetisi IBL lebih matang dan berkualitas. “Kalau peraturan dahulu minimal usia pemain dibawah 18 tahun boleh berlaga di kompetisi tersebut, jika belum dalam usia berkualitas maka mereka akan hanya di bangku cadangan saja. Lebih baik bermain di Libala atau Kobatama dahulu untuk mematangkan teknik mereka, setelah cukup usia boleh bermain di IBL

Melihat dari 2 sistem pertandingan antara NBA dan  IBL terlihat jelas perbedaan yang sangat mencolok, Perbedaan tersebut dapat dilihat dari perkembangan dalam penerapan sistem season and play offs pada NBA jika sudah mencapai final maka diganti dengan sistem best of seven,dimana pengertian dari season adalah  setiap klub bertanding 82 kali melawan klub-klub lain dan 16 klub (8 dari wilayah timur dan 8 dari wilayah barat) yang mempunyai rekor terbaik berhak untuk lanjut ke babak Playoffs, sedangkan playoffs sendiri , 8 tim dari setiap wilayah akan diadu dengan format, tim ke-1 (yang terbaik di wilayah) melawan tim ke-8 (urutan 8 di wilayah, tim ke-2 melawan tim ke-7, tim ke-3 melawan tim ke-6 dan tim ke-5 melawan tim ke-4).sedangkan setelah mencapai final digunakan sistem lain yaitu best of seven yang berarti siapa yang menang 4x duluan dari total 7 pertandingan akan dianggap sebagai pemenangnya.

Sedangkan IBL hanya menggunakan sistem Play Offs dimana  untuk menentukan empat tim terbaik yang akan lolos ke babak empat besar atau semifinal. babak play off akan digelar setelah 10 tim menyelesaikan sekitar 90 pertandingan, IBL hanya menggunakan sistem tersebut dikarenakan jika mengikuti sistem yang diterapkan oleh NBA maka anggaran yang akan dikeluarkan akan semakin banyak, dan PERBASI masih melihat tingkat kemauan masyarakat untuk ikut andil dalam event IBL  tersebut.

Beberapa peraturan yang diterapkan oleh FIBA

Dalam peraturan yang ditetepkan oleh FIBA (Federation Internationale da Basketball) terdapat delapan peraturan antara lain sbagai berikut :

Peraturan  satu – pertandingan

Peraturan dua – lapangan dan perlengkapan

Peraturan tiga – regu

Peraturan empat – peraturan permainan

Peraturan lima – pelanggaran

Peraturan enam –  kesalahan

Peraturan tujuh – ketentuan umum

Peraturan delapan – wasit, petugas meja, commissioner, tugas dan wewenang

Dalam peraturan – peraturan yang terdapat di FIBA digunakan oleh semua penyelenggara pertandingan baik NBA maupun IBL

DAFTAR RUJUKAN

http://id.wikipedia.org/wiki/National_Basketball_Association

http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090207015825AAQ9YKS

(http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.answers.com/topic/national-basketball)

Peraturan resmi Bola basket 2008 (Beijing , Republik Rakyat  Cina ,26 April 2008)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s